get app
inews
Aa
Read Next : Berhalal Bihalal dengan Konstituen, Ibas Pastikan Demokrat Dukung Ony - Antok Dalam Pilkada 2024

Berikut Fitur Keamanan dan Keselamatan Mobil Dinas Presiden Jokowi, Apa Saja?

Senin, 25 Juli 2022 | 15:36 WIB
header img
Mobil Dinas Presiden Republik Indonesia, Joko WIdodo (Foto: Procarsclub)

JAKARTA, iNewsNgawi.id – Seorang presiden harus memiliki Fasilitas khusus dalam kendaraan dinas yang juga harus diprioritaskan. Tentu ketika mengulas kendaraan seorang presiden, hal yang menjadi sorotan untuk dibahas adalah fitur keselamatan di dalamnya. Tidak terkecuali adalah kendaraan dinas Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Seorang presiden tentu membutuhkan mobil dinas untuk menunjang aktivitas kenegaraan yang amat padat. Sehingga mobil dinas presiden harus dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi dan juga fitur canggih guna memberi kenyamanan saat perjalanan dinas.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard sebagai mobil dinasnya sejak tahun 2019 lalu. Dilansir dari iNews.id, mobil tersebut menggantikan seri Mercedes-Benz S 600 Pullman yang digunakan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut rangkuman fitur keamanaan dan kenyamanan canggih yang ada di mobil dinas Presiden Jokowi tersebut.

 

8 Fitur Keselamatan dan Kenyamanan pada Kendaraan Presiden:

1. Anti Peluru dan Ledak

Kali ini Presiden Jokowi memilih menggunakan mobil pabrikan Jerman, Mercedes Benz Maybach S600 Guard. Sedan yang dipakai Presiden Jokowi dalam aktivitas tugasnya sebagai Presiden itu diketahui sebagai mobil dengan tingkat perlindungan dan keamanan sangat tinggi. Mobil tersebut telah mendapat sertifikat VR yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tinggi untuk mobil non-militer. 

Badan mobil Presiden Jokowi juga dilapisi dengan baja super kuat yang tahan terhadap peluru. Selain itu pada dek keliling samping dan atas serta kolong mobil dilapisi plat tebal yang berfungsi menahan ledakan. Sementara di bagian kaca, juga telah dilapisi kaca anti peluru yang sangat tebal.

2. Mesin Bertenaga Besar

Untuk menunjang tugas kenegaraan, mobil Presiden juga dibekali mesin bertenaga besar. Dapur pacu mobil sedan mewah tersebut menggunakan V12 Turbo Charger otomatis 7 percepatan dengan kapasitas mesin 6000 cc. 

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 530 HP dan torsi sebesar 830 Nm. Hal ini memang sangat penting agar kejadian mobil Mercedes Benz S600 Pullman yang pernah diketahui mengalami kerusakan hingga mengakibatkan mogok, tidak terjadi lagi.

3. Airmatic Suspension System

Fitur keamanan canggih mobil RI 1 berikutnya adalah air suspension otomatis. Fitur ini dapat mengubah, menaikan dan menurunkan ketinggian mobil secara otomatis sesuai dengan kondisi permukaan jalan.
4. Ban Mobil Pakai RFT

Mobil yang dipergunakan Jokowi telah dibekali dengan ban berteknologi canggih yaitu RFT (Run Flat Tire). Ban jenis ini mampu tetap melaju sampai dengan batas kecepatan 60 km/ jam sejauh 30 km meski dalam kondisi kempis.

5. ILS (Intelligent Light System)

Fitur canggih berikutnya adalah ILS (Intelligent Light System). Fitur tersebut berfungsi memberi penerangan lebih baik dengan jangkauan hingga 650m tanpa membuat silau pengendara lain di arah berlawanan.

6. Tangki Pemadam Api dan Oksigen

Keamanan dan keselamatan pemimpin negara memang sangat menjadi prioritas. Untuk itu, dalam mobil dinas presiden dilengkapi tangki pemadam api otomatis dan oksigen yang terletak di bagasi mobil. Peralatan keselamatan ini jelas berfungsi untuk melindungi presiden dari berbagai ancaman bahaya.

7. Fitur ESP (Electronic Stability Program)

Fitur ESP berfungsi sebagai peranti keselamatan guna menghindari mobil mengalami oversteer maupun understeer pada kondisi jalan rusak, licin dan bergelombang. Fitur ini membuat mobil selalu dalam keadaan aman, nyaman dan stabil saat dikendarai.

8. Distronic Plus

Fitur berikutnya adalah Distronic Plus yang merupakan peranti keselamatan berkendara. Fungsi dari fitur ini mengatur jarak aman otomatis. Fitur ini juga bisa memberikan perintah pengereman secara otomatis guna menghindari tabrakan pada kendaraan lain.

Demikian ulasan fitur keamanan dan keselamatan pada kendaraan Presiden Jokowi. Tidak lupa untuk diingat, yang namanya mobil kepresidenan tentunya punya fitur-fitur lebih khusus dan rahasia yang tidak dimunculkan ke publik.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut