Festival Jenang Candirejo, Sebuah Event Menjaga Eksistensi Jajanan Tradisional

Asfi Manar
.
Rabu, 28 September 2022 | 22:41 WIB
Arakan tokoh desa dan tumpeng jenang dalam Festival Jenang memaauki lapqngan. Foto : iNewsNgawi.id/ AM

MAGETAN,iNewsNgawi.id - Ribuan warga Magetan meyaksikan Festival Jenang, di desa Candirejo kecamatan Magetan, (11/9/2022) lalu. Festival ini merupakan cara desa Candirejo mempromosikan jajanan khas desa ini yang sudah menjadi matapencaharian warganya secara turun temurun.

Dalam kemasanya festival ini diawali dengan devile perangkat dan tokoh desa dengan berdandan kostum khas jawa beriringan menuju balai desa.

Setelah upacara seremoni yang dipimpin kepala desa Candirejo, ribuan penonton yang sudah menunggu sepanjang jalan dengan meriah berebut jajanan dari beras ketan ini.

Menurut salah seorang warga meriahnya featival ini selain juga diiringi berbagai atraksi pertunjukan kesenian, berhasil mendapatkan jenang dari tumpeng diyakini akan mendapat berkah dan menjadikan setiap usaha warga menjadi lancar.

"Saya senang bisa mendapat beberapa potong jenang, karena jenang ini mendapat tuah dan doa dari sesepuh desa," kata Fatimah, yang mengaku sudah sejak pagi menunggu momen berebut tumpeng jenang.

Sementata itu menurur ketua panitia Festival Jenang Candirejo, Agus, event ini tidak lain untuk mengangkat jenang sebagai jajanan khas yang banyak di produksi oleh warga desa Candirejo.

"Sebagian besar warga sini memiliki ketrampilan membuat jenang, karenaya demi menjaga eksistensinya kita buat festival ini sekaligus promosi jajanan jenang Candirejo," terang Agus.

Festival Jenang Candirejo juga dimeriahkan atraksi reog Ponorogo dan berlangsung hingga sore hari.

Editor : Asfi Manar
Bagikan Artikel Ini