get app
inews
Aa
Read Next : Pasang Jebakan Tikus yang Dialiri Listrik di Sawah, Petani di Ngawi Tewas Tersengat 

Film Sahabad, Citra Kearifan Lokal dalam Perguruan Silat

Minggu, 25 September 2022 | 02:47 WIB
header img
Salah satu sekuel film Sahabad. Foto : iNewsNgawi / LD Picture

NGAWI, iNewsNgawi.id - Sebuah kisah drama komedi berlatar perguruan silat diangkat dalam karya film berjudul Sahabad oleh musisi dan pencipta lagu Pop Jawa Dahlan Efendi yang populer disebut Lek Dahlan.

Film berdurasi 1 jam produksi LD Picture akan diputar dibeberapa bioskop mulai tanggal 25 September 2022, salah satunya di Ngawi. Pemilihan waktu pemutaran pada bulan ini tak lain karena berbertepatan dengan bulan satu abad perguruan silat Setia Hati (SH) Terate asal Madiun Jawa Timur.

"Kita sengaja memutar pada bulan ini karena bertepatan dengan satu abad perguruan silat SH Terate," kata Lek Dahlan, pria asal Ngawi yang tenar dengan lagu Los Dol kepada iNewsNgawi.id,(24/9/2022).

Film Sahabad berceritera tentang dua pendekar silat yang bersahabat sejak lama, namun persahabatan mereka terpisah ketika keduanya jatuh hati kepada seorang wanita yang sama.

Asmara segitiga itulah yang membuat dua sahabat ini memilih jalan yang berbeda, satu menekuni silat untuk menjadi atlit sedangkan satunya menjadi sosok preman.

"Tidak hanya penuh adegan action, film ini juga mengangkat nilai humanis dan keharmonisan antara satu perguruan silat dengan perguruan silat yang lain," terang Lek Dahlan.

Dalam.proses produksinya, Lek Dahlan yang juga sutradara dan penulis naskah film Sahabad dibantu tim produksi sineas dari Yogjakarta dan Kediri dengan mengambil seting diberbagai daerah, terutama Ngawi dan Madiun.

"Mengingat dan demi menjaga moment film ini kami produksi hanya dalam waktu 10 hari, Alhamdulillah semua berjalan lancar dan siap diputar," ungkap Lek Dahlan.

Meski tidak ada nama artis tenar yang ada dalam.Sahabad, namun sosok Kentong, Pongge, Nitha, Ervin, Sotreng dan Isa Bajaj benar benar mampu menghidupkan karakter film ini dalam peranya.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut