get app
inews
Aa
Read Next : Pasang Jebakan Tikus yang Dialiri Listrik di Sawah, Petani di Ngawi Tewas Tersengat 

Peringati HUT RI Desa Sambiroto Gelar Teatrikal Kirap Pusaka dan Tumpeng

Selasa, 23 Agustus 2022 | 19:39 WIB
header img
Ratusan warga Desa Sambiroto antusias saksikan kirab pusaka dan tumpeng. Foto: iNewsNgawi.id/Asfi Manar

NGAWI, iNewsNgawi.id - Tidak ingin ketinggalan dengan desa lain dalam peringatan HUT RI ke 77 Tahun, warga desa Sambiroto kecamtan Padas Ngawi menggelar kirap pusaka dan tumpeng 2 meter di lapangan desa. 

Berbeda ditempat lain arakan tumpeng biasanya pada siang hari, namun kali ini dilakukan pada malam hari karena dikemas dalam nuansa teatrikal layaknya pertunjukan budaya. 

Selain tumpeng ukuran jumbo tersebut, juga terdapat 17  tumpeng lebih kecil yang melambangkan tangggal kemerdekaan, dan penghormatan kepada para pahlawan bangsa. 

"Selain untuk memperingati HUT RI ke 77 Tahun dan mengenang para pahlawan, tujuan pagelaran kirap pusaka desa dan tumpeng ini agar warga kami dapat hidup guyup rukun dalam bergotong royong untuk menuju Indonesia yang lebih kuat setelah lepas dari Pandemi Covid 19," terang Kepala Desa Sambiroto Sri Muyono usai memimpin prosesi pemotongan tumpeng ( 22/ 8/ 2022) 

Namun sayangnya ragam tumpeng yang ditunggu warga untuk dinikmati bersama itu,  sebagian besar oleh panitia dibawa kembali ke balai desa.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut