get app
inews
Aa Read Next : Percepat Agenda Verfal, PBNU Kirim Karteker setelah 1,5 Bulan PCNU Ngawi tanpa Kepengurusan

Kemenag Dukung Rudi Duduki Ketua Jelang Konfercab PCNU Ngawi?

Selasa, 13 Juni 2023 | 18:09 WIB
header img
Nahdlatul Ulama Kabupaten Ngawi. Foto : iNewsNgawi.id / Ist

NGAWI,iNewsNgawi.id - Berkali kali Panglima Aspirasi Para Gus ( Asparagus) Faruddin Alfaqir, atau Gus Udin menyatakan dukungannya kepada mantan Ketua PW Anshor Jawa Timur Rudi Triwahid sebagai calon Ketua Pengurus Cabang NU  Kabupaten Ngawi dalam Konferensi Cabang NU yang diusulkan pada Juli mendatang.

Bahkan Gus Udin mengklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ada dibelakang Rudi agar dapat menggantikan KH. Ahmad Ulinnuha Rozy, ( Kyai Ulin) Ketua PCNU Ngawi saat ini.

"Sangat benar adanya," katanya sambil membagikan foto pertemuan antara Rudi dan Yaqut di Jakarta.

Pernyataan ini diungkap ketika usai pertemuan antara Rudi Triwahid dengan Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Kendal di sebuah tempat makan wahana wisata di Desa Gayam Kecamatan Kendal, Senin siang ( 12/6/2023).

Menariknya di waktu dan lokasi yang sama juga terlihat tiga orang diluar pertemuan, dua diantaranya mengenakan seragam ASN Kemenag diketahui salah satunya adalah Kasi Binmas Kemenag Ngawi Chusnul Amin berada tidak jauh dari pertemuan tersebut.

Begitu akan kami dekati Chusnul dan  koleganya bergegas meninggalkan lokasi serta mengaku hanya mampir untuk  istirahat.

"Kita hanya mampir untuk istirahat saja," ujarnya menjawab sapaan kami.

Sehari berikutnya Chusnul kembali memberikan klarifikasi tentang alasan keberadaanya ditempat itu, sambil menunjukan bukti undangan acara silturrahmi dan kordinasi penyuluh agama Islam se-kabupaten Ngawi di Sengon Hill Jogorogo.

"Kehadiran saya ke Gayam Park ( lokasi pertemuan Rudi dan pengurus MWC ) karena pengin ngopi- ngopi, disitu diantar oleh penyuluh setelah pertemuan di Sengon Hill," kata Chusnul melaui pesan tertulis.

Apakah keberadaan Chusnul sebagai bentuk dukungan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada Rudi melaui institusi Kemenag?.

"Terkait dukungan saya tidak tahu," kata Chusnul pada bagian lain dari pesan singkat itu.

Namun beberapa informasi yang beredar keberadaan pegawai Kemenag juga terlihat di beberapa lokasi tempat pertemuan Rudi dan pengurus MWC diadakan.

Sementara itu usai pertemuan dengan para pengurus MWC Kendal, Rudi enggan dimintai keterangan terkait pertemuan tersebut, dia hanya menyampaikan belum waktunya memberikan pernyataan.

"Nanti saja, jangan sekarang," katanya singkat sambil meninggalkan tempat.

Seperti yang diberitakan oleh iNewsNgawi.id pada 17 Maret 2023, PCNU Kabupaten Ngawi akan melaksanakan Kofercab NU untuk memilih Ketua  dan  kepengurusan periode 2023 -2028 pada 2 Juli 2023 mendatang.

Namun menurut Sekertaris PCNU Ngawi Saiful Bakri jadwal Konfercab masih menunggu keputusan dari PBNU.

"Tanggal 2 Juli masih sebatas usulan, keputusanya menunggu PBNU," kata Saiful melaui pesan tertulisnya. Selain Rudi santer disebut incumbent Kyai Ulin juga diprediksi hendak melanjutkan kepemimpinanya.

Editor : Asfi Manar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut