get app
inews
Aa Read Next : Pantang Menyerah, Petugas Pantarlih Tetap Terobos Genangan Air Demi Mendata Hak Pilih Warga

Persatuan Alumni GMNI Ngawi Deklarasi Dukung Alumni GMNI dalam Pemilu 2024

Selasa, 18 Juli 2023 | 11:02 WIB
header img
Para deklarator dukungan kepada alumni GMNI yqng herkancah dalam Pemilu 2024 di Ngawi. Foto : iNewsNgawi.id / Rom

NGAWI, iNewsNgawi.id - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Kabupaten Ngawi, mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden di Pemilu 2024.  Senin (17/7).

Selain memberikan dukungan kepada Ganjar, mereka juga sepakat untuk mendukung mantan Bupati Ngawi periode 2014 - 2019 Budi Sulistyono (Kanang) sebagai calon DPR RI dan Ketua PA GMNI Jawa Timur,  Deni Wicaksono sebagai calon DPRD Provinsi Jawa Timur.

Menurut salah seorang aktivis reformasi '98 yang juga sebagai Dewan Pertimbangan DPC PA GMNI Ngawi, Wahyu Yudianto, baik Ganjar, Kanang dan Deni Wicaksono merupakan sosok yang bisa mereprensentasikan pemikiran Bung Karno dan GMNI yang memiliki jiwa kerakyatan untuk memberikan perubahan dan mendengar aspirasi masyarakat di Kabupaten Ngawi.

"Kami meyakini ketiganya sebagai alumni GMNI memiliki jiwa kerakyatan untuk memberikan perubahan dan mendengar aspirasi masyarakat di Kabupaten Ngawi," kata  Wahyu usai memimpin deklarasi di desa  Pojok kecamatan Kwadungan Senin malam, yang juga dihadiri Sekretaris DPC PA GMNI Ngawi Muhsin Daroini, Kepala Desa Pojok, Ketua BPD Pojok, dan tokoh masyarakat Desa Pojok.

Di tempat terpisah, Ketua DPC PA GMNI Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Jatmiko ( Antok ) menyatakan dukungan tersebut adalah kemenangan mutlak sebagai kader marhaenis. Tokoh GMNI yang juga Wakil Bupati Ngawi ini sangat optimis melalui kekuatan akar rumput, masyarakat mampu memilih calon eksekutif dan legislatif yang mampu mendengar aspirasi masyarakat.

"Kita harus menunggu 19 tahun, setelah Bu Megawati yang juga alumni GMNI menjadi presiden RI yang kelima, maka presiden RI ke 8 Insyaallah juga akan datang dari alumni GMNI," kata Antok.

Selain alasan yang disampaikan dari deklarasi ini, ketiga tokoh tersebut merupakan politisi senior yang memiliki sejarah dan lahir dari GMNI.

Ganjar Pranowo adalah  Gubernur Jawa Tengah merupakan alunni GMNI dari Universitas Gajah Mada Jogjakarta, sedangkan Kanang merupakan politisi yang kini menjabat sebagai Plh. Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur serta Dewan Pertimbangan DPC PA GMNI Ngawi.

Sementara itu Deni Wicaksono adalah anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Komisi E, yang saat aktif di GMNI ketika sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UNAIR pada tahun 2004.

Bagi Deni kehadiran PA GMNI dapat  menjadi potensi tegaknya Indonesia berdasarkan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Alumni GMNI yang menegaskan dirinya sebagai pejuang pemikir untuk menjadi potensi barisan demi tegaknya Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," pungkas pria yang kini sebagai Bappilu DPD PDIP Jatim.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut