get app
inews
Aa Read Next : Beda Cara Parpol Berburu Calon dalam Pilkada Ngawi, PKB Menunggu Paket Dari Pusat

Forum Pokdarwis Ngawi Ditantang Menjaga Nafas Kepariwisataan Ditengah Citra Pertanian

Selasa, 26 September 2023 | 19:54 WIB
header img
Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menyerahkan bendera kepengurusan Forum Pokdarwis, (26/9/023). Foto : iNewsNgawi.id / Arf

NGAWI,iNewsNgawi.id - Setelah hampir dua tahun tanpa kepengururusan, Forum Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Kabupaten Ngawi akhirnya dikukuhkan oleh Bupati Ngawi Ony Harsono, di Sendang Tawun desa Tawun Kecamatan Kasreman, Selasa, ( 26/9/2023).

Pengukuhan melaui SK Bupati Ngawi, No 188/243/404.101.2/B/2023, memutuskan susunan pengurus periode 2023 - 2026. Dihadapan beberapa kepala.dinas yang hadir, Bupati Ony menyerahkan bendera kepengurusan kepada Fathur Rohman, Ketua Pokdarwis desa Hargomulyo kecamatan Jogorogo sebagai Ketua Forum Pokdarwis Ngawi Periode 2023 - 2026.

Kepada kepengurusan yang baru ini, Ony mengharapkan iklim ekosistem pariwisata Kabupaten Ngawi semakin kuat dengan  saling berinteraksi, baik masyarakat, pokdarwis dan pemerintah daerah.

"Bagaimana agar pokdarwis ini mampu menguatkan ikatan emosional antara masyarakat, pengelola pariwisata dan  pemerintah daerah sebagai fasilitator sehingga penerimaan wisatawan bisa merasa nyaman, kerasan dan masyarakat mendukukungnya," kata Ony usai sesi foto pengurus diatas telaga Tawun.

Ony juga  juga mengungkapkan upaya untuk mendorong kearah tersebut ada beberapa rencana yang dipersiapkan oleh pihaknya, yaitu selain intensitas konunikasi antar pokdarwis, juga pembangunan infrastruktur yang mendukung pariwisata meski prioritasnya masih dibawah pertanian dan perniagaan.

"Program kerja untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan intervensinya masih prioritas tertinggi yaitu pertanian dan perniagaan, namun begitu, ada juga daerah prioritasnya untuk wisata yaitu daerah sekitaran lereng Gunung Lawu, kita sudah melakukan itu," ungkap Ony.

Namun dari gambaran prioritas pembangunan infrastruktur tersebut, Ony optimis trademark  Ngawi sebagai daerah berbasis pertanian bisa di-direct menjadi paket pariwisata yang identik, serta mendatangkan wisatawan.

"Melihat PAD pariwisata kita masih rendah sekali ( 12 %), apalagi Ngawi bukan kiblat destinasi pariwisata, namun citra ngawi sebagai wilayah pertanian saya ingin ( optimis) produk pertanian Ngawi bisa tersebar luas melalui hadirnya wisatawan melaui paket wisata," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pokdarwis yang baru dilantik Fathur Rohman dalam pernyataanya akan mempererat komunikasi dengan pokdarwis setiap desa dan menginventarisir keaktifan pokdarwis yang ada, terlebih mulai banyaknya pokdarwis yang masuk angin.


"Mungkin kita tidak mrninggalkan yang lama namun lebih mengkolaborasikan dengan yang baru, saat ini ada 24 pokdarwis baru dan 6 dalam kondisi vakum, itu yang akan kita kordinasikan agar pariwisata di Ngawi bisa berkembang lebih maju," ulas Fathur yang akan mengevaluasi permasalah  kevakuman dari beberapa pokdarwis warisan pengurus lama.

Editor : Asfi Manar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut