get app
inews
Aa Read Next : Beda Cara Parpol Berburu Calon dalam Pilkada Ngawi, PKB Menunggu Paket Dari Pusat

Didukung BPOB, Ngawi Visit Year 2024 Bakal Jadi Prioritas Pemkab Ngawi

Kamis, 23 November 2023 | 16:59 WIB
header img
Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menyerahkan conderamata tugu kartonyono kepada Direktur BPOB Agustin Paranginagin sebagai bentuk kerjasama pengembangan kepariwisataan di Ngawi. Foto : iNewsNgawi.id / AM

NGAWI, iNewsNgawi.id - Pemkab Ngawi bakal mengarahkan radar  pembangunan infrastrukturnya kepada hajat kepariwisataan yang dimilikinya. Tahun 2024 adalah tahun yang akan dicanangkan sebagai tahun kunjungan pariwisata, dimana kiblat kebijakan secara besar-besaran bermuara di sektor ini.

Hal tersebut diungkap oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dihadapan Direktur Badan Pelaksana Otoritaria BorobudurBPOB ) Agustin Paranginangin dalam acara Ngawi Tourism Fest 2023, di Agro Tecno Park Ngrambe, ( 22/11/2023).

"Menyongsong itu, kita sudah membangun mall pelayanan publik, dan di tahun yang sama akan berdiri hotel berbintang empat yang akan menjawab permasalahan akomodasi para wisatawan, dua hal.yang membuat kita bersemangat menyongsong Ngawi Visit Year 2024" kata Ony usai menampung segala unek-unek pelaku pariwisata yang mengahadiri acara yang berlangsung dua hari ini.

Skenarionaya, pembangunan infrastruktur akses menuju tempat-tempat wisata yang ditopang oleh kelompok sadar wisata ( pokdarwis ) bakal digenjot .
"Kendala yang didepan mata adalah aksesibilitas menuju tempat wisata, karenanya butuh pelebaran jalan dan sebagainya, berikutnya adalah interkoneksi dimana trayek transportasi belum kita perbaharui masih lama dan memberatkan para wisatawan, dan ini bisa dengan perubahan trayek dan penambahan armada," ungakap Ony.

Niatan Ony sepertinya bukan harapan kosong, alasan utamanya adalah ngawi menjadi bagian roadmap kepariwisataan nasional yang disusun sejak 2010 merupakan bagian dari destinasi wisata Solo -Sangairan. Sambut bergayung ini disampaikan oleh Agustin Paranginangin yang mengerahkan tenaga ahlinya melakukan asesmen kepada pelaku wisata di Ngawi terutama aktifis pokdarwis tingkat desa.

"Di tahun 2023 ini kami juga sudah menyusun strategi pemasaran untuk pemetaan itu, kenapa Ngawi? Karena komitmen pemerintah daerahnya terlihat, semangat Presiden dalam mengembangkan pariwisata di daerah terlihat dari semangatnya Pak Bupati," puji Agustin yang mengindikasikan seringnya kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno ke Ngawi dalam dua tahun terakhir.

"Saya baru tahu jika Ngawi sudah mencanangkan Ngawi Visit Year 2024, karenanya kita membantu mempersiapkan desa desa wisata yang ada disini," kata Agustin yang menargetkan Ngawi tidak lagi menjadi wilayah transit tapi tempat menginap, karena berselancar wisata di Ngawi tidak cukup dalam satu hari menurutnya.

Ngawi Tourism Fest 2023, merupakan pertemuan pelaku patiwisata di Ngawi  mulai dari aktifis pokdarwis, penyedia jasa travel dan hotel selama dua hari.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut