get app
inews
Aa Read Next : Gunakan Kemapuannya Mengenal Google Search, Caleg ini Sebar 1000 Website Gratis ke Pelaku UMKM

Hari Jadi Ngawi ke-665, Ribuan Warga Kwadungan Larut dalam Pawai Budaya

Rabu, 05 Juli 2023 | 20:34 WIB
header img
Bupati Ngawi Ony Anwqr Harsono dan Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko berada ditengah-tengah peserta Pawai Budaya Kecamatan Kwadungan, (5/7/2023). Foto: iNewsNgawi.id/ist

NGAWI,iNewsNgawi.id - Forum Karang Taruna Kecamatan Kwadungan menggelar gerak jalan dan pawai budaya untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Ngawi ke 665 tahun, Rabu (5/7/2023).

Pawai budaya yang dipusatkan di balai desa Kendung ini mengusung tema Pemuda Berdaya, Pancasila Berjaya, telah diikuti ribuan warga dari seluruh desa dan berbagai lintas elemen di seluruh kecamatan Kwadungan, mulai dari  para siswa PAUD, TK, SD, SMP, serta SMA,  juga diikuti oleh komunitas dan masyarakat umum.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono didampingi Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko pembawa bendera start dari barisan pawai budaya yang penuh kesemarakan beragam kostum itu. Defile para peserta mulai beranjak  menyusuri rute yang telah ditetapkan panitia kegiatan dari depan balai desa, hingga berakhir dilokasi yang sama.

Ketua Forum Karang Taruna Kecamatan Kwadungan, Romy Tri Setyo Wibowo mengatakan, gelaran pawai budaya ini diperkirakan melibatkan ribuan orang. Dari data resmi panitia saja terhitung 1.500 orang  terdaftar sebagai peserta.

"Masyarakat yang terlibat hingga ribuan orang. Dari catatan panitia pawai ini diikuti 1.500 orang, terdiri dari peserta unsur lembaga pendidikan dan masyarakat umum, belum lagi penonton sepanjang rute," kata Romy yang juga anggota karang taruna desa Kwadungan ini.

"Selain arakan pawai budaya, even ini juga diisi beragama kegiatan, seperti pertunjukan reog, hingga penampilan tari-tarian. Ditambah lagi keberadaan stan  jualan produk UMKM warga desa dan pemuda seluruh kecamatan Kwadungan, membuat konsep ekonomi kerakyatan benar-benar bergeliat di even ini," ujarnya.

Romy berharap adanya kegiatan itu bisa menjadi wahana untuk memunculkan potensi para pemuda khususnya di Kecamatan Kwadungan, dan seluruh kaum muda Ngawi pada umumnya.

"Dari sisi jumlah peserta pawai budaya ini, menjadi bukti bahwa pemuda di Kwadungan bisa rukun, kompak, bersama-sama mewujudkan pemuda yang berdaulat," pungkasnya.

Terpisah, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono saat dikonfirmasi awak media mengatakan, pawai budaya di Kecamatan Kwadungan mendongkrak kegiatan perekonomian masyarakat. Hal itu dapat dilihat dengan beragam pernik yang disiapkan panitia dan peserta pawai budaya.

"Ada persewaan kostum, rias, kegiatan UMKM masyarakat, sehingga kegiatan perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik," kata Bupati Ngawi.

Secara khusus, Ony juga berharap agar setiap kecamatan memiliki inisiasi untuk menyelenggarakan kegiatan seni budaya di wilayah masing-masing di hari jadi ini.  Selain untuk melestarikan budaya, dan menggerakkan ekonomi kerakyatan, juga sebagai bentuk pemerataan kegiatan, agar  tidak di pusat kabupaten  saja.

"Sehingga kegiatan perekonomian melalui event-event tidak hanya tersentralisasi di alun-alun Kota Ngawi saja. Tetapi bisa merata hingga di tingkat kecamatan dan desa," terang Ony Anwar, usai menyaksikan gelar pawai budaya tersebut.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut