get app
inews
Aa Read Next : 6 Bulan Gratis Internet, Program Bantuan Pemerintah Penyediaan Akses Internet bagi UMKM

Gunakan Kemapuannya Mengenal Google Search, Caleg ini Sebar 1000 Website Gratis ke Pelaku UMKM

Jum'at, 02 Februari 2024 | 21:52 WIB
header img
Kampanye Caleg Muhammad Choirul Amri memberi pelatihan kepada pelaku UMKM di Magetan, (1/2/2024). Foto : iNewsNgawi / AM

NGAWI,iNewsNgawi.id - Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024 tinggal hitungan hari. Berbagai bentuk kampanye dilakukan partai politik dan para calegnya untuk memenangkan perolehan suara dari Pemilu yang berlangsung 14 Februari mendatang.

Kampanye yang identik dengan hingar bingar orasi diatas panggung, tebar pesona  dalam skenario blusukan bahkan  pembagian sembako, cara berbeda dilakukan oleh salah seorang caleg dari PDIP yang menyasar segmen pelaku UMKM dengan membagikan 1000 website gratis dalam kampanyenya.

Dia adalah Muhammad Choirul Amri Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur VII, yang juga seorang praktisi teknologi Google dan bekerja di perusahaan mesin pencarian website terkemuka ini.

Website yang dibagikan Caleg nomer 4 ini adalah fitur google my business yang bisa digunakan secara gratis oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya, berikut pelatihan teknis pembuatanya.

Kampanye berbalut pelatihan ini dilakukan bersama relawan Jatim Beragam untuk Ganjar - Mahfud Kabupaten Magetan kepada 80 orang pelaku UMKM dari  Magetan di sebuah cafe, (1/2/2024).

"Bagi saya ini lebih efektif dalam berkampanye, saya mencoba cara yang baru, memberikan mereka para pelaku UMKM pengetahuan, sharing gagasan yang langsung bermanfaat sesuai kebutuan mereka sebagai pelaku usaha. Jadi kita berkampanye dengan adu gagasan dan memberikan sesuatu yang lebih bisa dinikmati dalam waktu jangka panjang," kata Calegl asal Sine Ngawi ini.

"Jika caleg yang lain mungkin membagikan sembako, saya mempunyai program berbagi 1000 website gratis karena biasanya UMKM ini tidak mampu membayar jasa pembuatan website, ini kita bantu pembuatanya dan gratis dalam setahun sehingga membantu penampilan usahanyanya di dunia online," terangnya.

Kepada para pelaku UMKM yang rata - rata para ibu-ibu pelaku usaha rumahan itu, Choirul membagi trik bagaimana agar profil bisnis akan lebih mudah ditemukan dan muncul di peringkat atas dari pencarian google search.

"Rata rata pelaku UKM itu sudah paham tentang online tetapi mereka tidak tahu bagaimana memaksimalkan tools digital agar muncul di google search paling atas, dan ini saya memberikan trik dalam fitur google my business ," terangnya tentang materi pelatihan dalam kampanyenya.

"Pertama saya mengajari bagaimana cara mendaftarkan usaha mereka di aplikasi google my business, kemudian cara memverifikasi alamat mereka agar terdaftar resmi di google, hingga bisa memperluas pasar UKM mereka," pungkasnya.

Pengakuan keuntungan disampaikan oleh Dian Lestari salah satu pelaku UMKM asal Panekan Magetan yang menghadiri kampanye ini, menurutnya, bantuan pembuatan website yang diterimanya jadi harapanya selama ini.

"Kalau yang lain memberi uang saat kampanye, bantuan pembuatan website ini sangat saya harapkan agar dagangan saya banyak dikenal dan semakin luas jangkauanya, jadi sangat bermanfaat bagi saya," kata Dian yang memiliki usaha penjualan gorden dan kerajinan tangan serta mengaku sering mendapat uang dari caleg di masa kampanye ini.

Dalam orasinya, Choirul mengklaim  metode kampanye yang dilakukanya merupakan bentuk dukungan UMKM go digital, dan bersinergi dengan program internet gratis dari capres Ganjar Pranowo yang diusung PDIP.

Editor : Asfi Manar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut