get app
inews
Aa Read Next : Beda Cara Parpol Berburu Calon dalam Pilkada Ngawi, PKB Menunggu Paket Dari Pusat

Jelang HUT Ngawi, Mas Onny dan Mas Antok Ziarah Makam Leluhur

Selasa, 05 Juli 2022 | 03:31 WIB
header img
Mas Onny dan Mas Antok tabur bunga di makam leluhur. Foto : Kominfo / Asfi M

NGAWI, iNewsNgawi.id- Bupati Ngawi Onny Anwar Harsono ( Mas Onny ) dan Wakil Bupati  Dwi Riyanto Jatmiko ( Mas Antok ) sepanjang hari Senin, (4/7/2022) berziarah ke makam leluhur sebagai awal dari rangkaian hari jadi yang jatuh tanggal 7 Juli mendatang. 

Turut dalam rombongan Ketua DPRD Heru Kusnindar, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winata, Sekdakah Mokh. Sodiq Triwidiyanto serta pejabat teras lainya. 

Ada empat makam yang menjadi tempat ziarah yaitu makam RM Tumenggung Poerwodiprodjo di TPU Kauman yang berada di belakang masjid Agung Ngawi dan makam Patih Pringgo Koesoemo di desa Ngawi Purba. 

Menyusul kemudian rombongan bergerak menuju dua makam berikutnya yang berjarak sekitar 39 Km yaitu makam Raden Adipati Kertonegoro di desa Sine kecamtan Sine dan berakhir di TPU Jabal Kadas di desa Hargomulyo Ngrambe, tempat makam putri Cempo dan Patih Ronggolelono, seorang pejabat daerah yang pernah melakukan pemberontakan kepada kependudukan Belanda waktu itu. 

Menurut Onny Harsono, ziarah ini merupakan rutinitas tahunan untuk mengawali rangkaian kegiatan HUT Ngawi  yang tahun ini tepat berusia ke 664. 

" Ziarah ini merupakan rutinitas setiap tahun untuk mengawali rangkaian acara hari jadi dengan harapan untuk mendiakan para leluhur dan bupati sebelum kita, agar mendapat berkah dan tempat terbaik disisi Allah SWT, dan menjadi semangat bagi kami sebagai pemimpin sekarang," kata Onny usai seluruh prosesi ziarah. 

Usai tahapan  ziarah leluhur, prosesi sakral lainya adalah jamasan dan kirap pusaka yang akan dilakukan dalam beberapa hari hingga  puncak HUT Ngawi 7 Juli mendatang.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut