Logo Network
Network

Tekan Angka Putus Sekolah, PDIP Salurkan Kuota PIP Jalur Aspirasi

Asfi Manar
.
Jum'at, 08 Juli 2022 | 22:22 WIB
Tekan Angka Putus Sekolah, PDIP Salurkan Kuota PIP Jalur Aspirasi
Diana Sasa berikan sertifikat PIP jalur aspirasi kepada siswa di SMAN 1 Maospati. Foto : iNewsNgawi.id / Asfi M

MAGETAN, iNewsNgawi.id - Sebanyak 126 siswa sekolah di Magetan menerima sertifikat Program Indonesia Pintar ( PIP ) Tahun 2022 dari jalur aspirasi.

Sertifikat PIP ini merupakan kuota yang dimiliki oleh anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDIP Guruh Sukarno Putra kepada pemerintah melaui jalur aspirasi selain jalur sekolah.

Angota DPRD Jawa Timur, Fraksi PDIP, Diana Amaliyah Verawatiningsing Sasa, menjadi salah satu kordinator pengusul mengatakan jika inisiatif ini adalah upaya membatu masyarakat demi meneruskan anak mereka untuk tetap bersekolah.

"Banyaknya para orang tua yang berjuang memalui jalur sekolah tapi tidak mendapatkan kuota, sehingga mendorong kami untuk mewadahinya melaui jalur aspirasi, yang kebetulan salah satu anggota kami yang kini di Komisi X DPR RI memiliki kuota, dan inilah yang kini kami salurkan" terang Sasa usai menyerahkan sertifikat langsung kepada penerima di SMAN 1 Maospati Magetan, Jumat, (8/7/2022).

Sasa juga mengungkapkan dari ratusan pemohon yang melalui dirinya, hanya 126 yang memenuhi ketentuan dan lolos secara sistem, lainya gagal karena banyak faktor.

"Bahkan ada pengusul yang ternyata penghasilan perbulanya lebih dari 5 juta, dan itu otomatis merah, lain itu adalah invalid data, " terang wanita asli Magetan ini.

Di Magetan Sasa menilai jalur aspirasi sangat memungkinkan dilanjutkan pada periode berikutnya terlebih jika kuota jalur sekolah sudah penuh.

"Saya rasa jalur aspirasi ini bagus karena lebih short cut dan bisa dikawal lebih tuntas, tidak terlalu birokratis dan bertele tele meski nilainya tidak terlalu besar," pungkas Sasa.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.