get app
inews
Aa Read Next : Demi Kesehatan Hewan DPP Ngawi Rogoh APBD senilai Rp 615 Juta Hadapi Idul Fitri

Demi Kedatangan Jokowi, Pemkab Ngawi Sulap Jalan Kusam dengan 3 Ribu Ton Aspal Baru

Rabu, 08 Maret 2023 | 01:58 WIB
header img
Proyek pengaspalan di Jl Jaksa Agung Suprpato Ngawi jelang kjnjungan Presiden Jokowi FOTO : iNewsNgawi.id / AM

NGAWI,iNewaNgawi.id - Presiden Joko Widodo diagendakan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ngawi pada hari Jumat, 10 Maret 2023. Namun 3 hari menjelang kedatangan belum ada pihak yang secara resmi memastikan agenda Presiden tersebut, baik dari Pemkab Ngawi maupun pihak keamanan, meskipun tim protokoler Presiden sudah melakukan assesment ke Ngawi, Selasa, ( 7/3/2023).

"Belum fix mas, belum ada Rakor Pam," kata salah satu staf protokuler Pemkab Ngawi yang mendampingi tim protokoler Presiden, saat melakukan assement.

Namun begitu sejumlah persiapan sudah terlihat di beberapa sudut kota terutama rute yang hendak dilalui rombongan RI 1 itu.

Tidak tangung tangung, kurang lebih 3 ribu ton aspal senilai 3 milyar langsung di lapiskan untuk jalan sepanjang 2.1 KM mulai dari perempatan Kartonyono hingga Benteng pendem, demi kedatangan Jokowi.

"Untuk pengadaan sebelumnya sudah kita siapkan kurang lebih Rp 3 Milyar untuk 3 ribu ton aspal, melalui e-Katalog karena bisa lebih cepat ptosesnya, itu yang kita gunakan dengan adanya kunjungan Presiden," kata Kepala Dinas PUPR Pemkab Ngawi, Mohammad Sadli dalam keteranganya terkait pengaspalan beberapa ruas jalan di wilayah kota terutama sekitar alun alun yang terkesan mendadak, ( 7/3/2023).

Sadli membantah jika pengaspalan ini mengabaikan kondisi jalan dipinggiran pusat kota Ngawi yang sudah rusak dan mengalihkan jatah aspalnya hanya demi menyulap jalur Presiden.

"Untuk ruas jalan yang diluar kota kita sudah mempersiapkan melalui proses pelelangan, dan minggu depan kemungkinan sudah kita mulai pelelangan bagi jalan yang tidak melalui e-Katalog," ungkap Sadli serta memberi alasan jika ruas jalan luar kota tidak menggunakan pembelanjaan e-Katalog.

"Alasanya karena kebanyakan ruas jalan rusak di luar kota harus ada penguatan kualitas dan penambahan kapasitas, dan itu hanya bisa dilakukan secara lelang dan itu membutuhkan waktu," lanjut Sadli.

Sadli juga menyebutkan beberapa jalan yang kini ( 2023 ) sudah dalam proses lelang seperti jalan Keniten - Pojok kecamatan Geneng dan tiga titik ruas jalan di kecamatan Karanganyar yaitu di desa  Jatimulyo- Pandean, Sriwedari dan Jatigembol.

Sadli menatgetkan agenda tersebut akan selesai dalam tahun ini untuk menjangkau jalan sepanjang 45 Km dengan menggunakan anggaran sekitat Rp 135 Milyar.

Editor : Asfi Manar

Follow Berita iNews Ngawi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut